Babak Perempat Final KRSBI Beroda Regional 4 2017

Oleh : administrator | 07-05-2017 | Dilihat 707 kali

Kontes Robot Indonesia Regional 4 tahun 2017 ini diselenggarakan oleh Dikti dan bertempat di GOR Pertamina Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 4 Mei sampai dengan 6 Mei 2017. Pada kesempatan ini, tim robotik UN PGRI Kediri menerjunkan 2 kategori yaitu Kontes Robot Pemadam Api kategori berkaki diwakili oleh tim Joyoboyo dan Kontes Robot Sepak Bola beroda diwakili oleh tim Abimanyu 2. Tim Joyoboyo diketuai oleh Faris Asrofi Solih dan Achmad Nur Rifa’I sebagai anggota. Robot yang digunakan adalah robot laba-laba yang dilengkapi dengan sensor pendeteksi halang rintang dan sensor pendeteksi api. Targetnya adalah menemukan ruangan yang ada apinya (lilin) dan memadamkannya.

Tim Abimanyu 2 diketuai oleh Muhammad Deny Yusuf Hidayat dengan anggota Agus Sutrisno, Maulana Malik V dan Ahmad Makinun Amin. Tim ini telah berhasil membangun robot sepak bola beroda dengan memanfaatkan web cam sebagai sensor pendeteksi bola. Hari pertama diisi dengan kegiatan registrasi dan welcome party. Hari kedua technical meeting dan uji coba lapangan/arena. Masing-masing tim memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan setting dan evaluasi agar didapatkan performa yang maksimal. Sedangkan hari ketiga, kegiatan fokus pada pertandingan dan penjurian.

Tim Joyoboyo ternyata hanya beruntung sampai tahap penyisihan dikarenakan faktor teknis. Sementara itu tim Abimayu 2 lolos penyisihan dan bersiap ke penyeleksian group. Kali ini tim Abimanyu melawan tim robotik dari Univesitas Negeri Malang dan unggul 1-0. Di perempat final, tim Abimanyu 2 melawan tim robotik dari PENS. Sungguh suatu pengalaman baru bahwa tim robotik abimanyu baru pertama kali ini mengikuti KRSBI kategori beroda dan bisa melawan tim yang nota bane sudah senior dalam bidang robotik. Tim Abimanyu juga mendapat apresiasi dari panitia atas keberhasilannya lolos sampai perempat final.

Hasil akhir dari perempat final, tim Abimanyu tidak mampu lolos ke semi final. Namun ini sudah menjadi prestasi bagi tim robotik dari prodi Teknik Informatika UN PGRI Kediri yang mampu lolos sampai perempat final.

Semoga kedepannya tim robotik prodi Teknik Informatika UN PGRI Kediri bisa lebih berjaya..aamiin





Sumber : http://kri2017.ub.ac.id/2017/05/06, diakses 7 Mei 2017

Config Server by Classy Indonesia